LAGU UNTUK VIOLA

Selasa, 06 Maret 2012


Vio!
Gadis berkepang dua itu berhenit. Diangkatnya alis tinggi-tinggi ketika Lukas
menghampirinya tergesa-gesa.
“Apa?”
“Aku antar kau, ya?”
Viola tercenung. Lewat ekor matanya, dia dapat melihat Calvin dan Rosa
bergandengan masuk ke dalam mobil Calvin. Nyeri lambung Viola tiba-tiba melihat
pemandangan itu.
“Ayolah, kau sudah janji kemarin,” desak Lukas.
“Aku mesti ketoko buku dulu. Maaf Luk, aku tidak dapat.”
“Kebetulan. Aku punya rencana mau ke took buku. Ayo, kuantar kau ya,” kata
Lukas pula, tanpa putus asa.
Viola menarik nafas panjang. Mobil Calvin sudah melaju melewati mereka. Hati
Viola sedih sekali melihat Calvin tidak melirik sedikit pun kearahnya. Seluruh
perhatiannya sudah terpaut pada Rosa, anak yang baru pindah itu, pikirya.
Viola mendadak ingat siapa Lukas. Lukas juga murid baru di kelasnya. Cowok itu
sudah banyak menarik perhatian cewek-cewek kelasnya sejak ia pertama masuk, persis
seperti adik sepupunya itu. Ya, Rosa memang adik sepupu Lukas.
“Tidak. Aku bisa pergi sendiri,” kata Viola. Kemudian dia melangkah tergesagesa,
meninggalkan Lukas yang tertegun menelan kekecewaan. Dia merasa tidak sakit
hati dengan penolakan Viola, karena mengerti mengapa cewek itu berbuat demikian.
Di toko buku, hati Viola jadi sakit lagi. dia tak menyangka sedikit pun akan
menjumpai Calvin dan Rosa di sana.
“Hei! Vio. Mau beli buku juga? Wah, aku kira koleksimu sudah ratusan. Eh Rosa,
kenalkan nih Si Kutu Buku sekolah kita. Viola.”
Rosa segera mengulurkan tangannya. Viola mencoba tersenyum. Dia agak kaget
juga dengan ketenangan Calvin. Dia benar-benar berpengalaman, bisiknya, di hati. Dan
aku benar-benar cewek yang teramat bodoh.
Rosa dan Calvin pergi lebih dulu. Viola jadi ingat, ketika Calvin masuk suka jalan
bersamanya. Ah, begitu banyak kenangan manis yang mereka ciptakan bersama. Itulah
sebabnya mengapa aku begitu sulit melupakannya, keluh Viola sambil membayar bukubuku
yang dibelinya di kasir.
***
“Lukas selalu memperhatikanmu, selalu menyanyangimu, tapi mengapa kamu tak
pernah berlaku ramah di depannya?” kata Nunik, teman dekatnya.
“Karena itulah aku tak mau menggubrisnya. Aku tak menyukai perhatiannya itu.
Aku tak menyukai pamrihnya,” kata Viola.
Nunik menepuk pipi Viola sambil tersenyum halus.
“Vio antara kau dan Calvin sudah selesai. Kisah lama itu harus kau tutup. Tidak
mungkin kau mesti menutup diri selamanya. Calvin tidak amat berharga untuk
pengorbanan semacam itu.”
www.rajaebookgratis.com
Viola berhenti menyusun bukunya sambil menoleh kepada Nunik. Matanya
memancarkan sinar yang amat tajam.
“Barangkali begitu. Tapi aku merasa, antara aku dan Calvin masih ada sisa
perhitungan.”
Nunik bergidik melihat sinar mata Viola. Begitu menakutkan. Karena itu segera
digenggamnya lengan Viola.
“Jangan berbuat nekad, Vio. Dendam tidak akan menyelesaikan persoalan.”
Viola mengangkat bahu. Dan Nunik tahu, rayuannya sia-sia saja. Viola amat keras
dalam pendirian.
Sepeninggal Nunik, Viola membuka laci mejanya. Dikeluarkannya selembar
fotho dari dalamnya. Fhoto Calvin.
“Aku menyukaimu, Cal. Amat menyayangimu, tapi kenapa … ,” keluhnya sambil
menitikkan air mata. Sudah empat bulan mereka berpisah, tapi tetap saja Viola merasa
baru kemarin sore Calvin datang ke hadapannya sambil membawa bunga mawar yang
segar itu.
“Maaf, Vio. Tapi seperti engkau tahu, aku suka berterus-terang. Tidak ada lagi di
antara kita yang pantas kita pertahankan. Aku menyukaimu tapi tak dapat mencintaimu.
Engkau bukan gadis tipe idealku dan …”
Viola sudah tidak ingat apa lagi kata Calvin selanjutnya. Yang dia ingat cuma,
Calvin menyerahkan kembang itu, mengecup keningnya kemudian melarikan mobilnya
membelah kegelapan malam.
Ketika mereka berhubungan, banyak teman Viola yang mengingatkan untuk
berhati-hati sebab semua orang tahu siapa Calvin. Vio pun tahu siapa cowok itu,
sebetulnya. Itulah sebabnya dia tidak begitu tertarik ketika Calvin mendekatinya pertama
kali. Dia menduga, pendekatan Calvin hanyalah karena ingin membuktikan pada temantemannya,
bahwa ia papa bravo nomor wahid karena bisa menundukkan Viola, si Kutu
Buku, debu perpustakaan yang sering digelari patung es.
Cukup lama Vio menguji Calvin. Tapi dasar Calvin berjiwa ulet, dia tak pernah
putus asa. Dan kini … oh, bisik Vio perih. Mengapa penyesalan selalu datang terlambat?
***
Viola bergegas menaiki anak tangga menuju lantai dua, tempat dia belajar piano.
Ada keengganan menyergap hatinya, karena dia tahu ada Lukas di sana.
“Ini lagu-lagu yang akan kalian bawakan. Luk, coba engkau yang pertama,” kata
guru mereka, Bu Marta, memberi kode perintah.
Lukas melirik Viola sebelum mulai bermain. Viola menunduk. Lukas lantas
memulai dengan Turkish March. Ibu Marta mengetuk-ngetuk meja memberi kode waktu.
Dua jam lebih mereka habiskan untuk berlatij. Viola menarik nafas ketika dia
sudah kembali berada di luar sekolah.
“Vio.”
Viola melirik. Lukas seperti gelisah di depannya.
“Apa?”
“Kau akan menolak juga kalau kuajak ke kantin sana?”
www.rajaebookgratis.com
Entah apa yang lucu, Vio jadi tersenyum geli mendengar pertanyaan Lukas yang
polo situ.
“Tidak. Kebetulan aku memang haus,” kata Viola kemudian.
Lukas tersenyum cerah. Tadi dia tak berani lagi berharap, karena sudah sering
ditolak Viola.
“Sori, Luk. Aku kelihatannya kasar ya? Bukan maksudku begitu,” kata Vio
lembut, waktu mereka sudah duduk di kantin. Lukas menggelengkan kepala.
“Tidak usah kau terangkan, Vio. Aku sudah mengerti.”
“Trims deh kalau begitu.”
Keheningan yang tadi mencekam mulai mencair dengan sikap ramah yang
ditunjukkan Viola. Kelihatannya dia ingin menghapus image jelek Lukas atas dirinya.
Viola sadar, sikap dingin yang ditunjukkannya pada Lukas selama ini Cuma didasari rasa
dendam yang tak tentu arah. Dia marah pada Rosa, saudara Lukas, tapi tak dapat
mencurahkannya langsung kepada gadis itu.
Tetapi Lukas merasa amat bahagia dan hampir tak yakin dengan kenyataan yang
diterimanya sekarang. Viola ternyata sungguh manis dan pintar sekali membangun
percakapan.
“Teman-teman pasti kaget melihat kita akrab besok di kelas,” kata Lukas ketika
mengantar Viola pulang.
Viola mengangguk geli. Selama ini, seperti sudah ada undang-undang tak tertulis,
cuma Lukas Cowok yang tak pernah ditegurnya dengan ramah, sehingga temantemannya
menganggap mereka bermusuhan.
“Ya, apalagi Nunik. Dia selalu kesal melihatku tak pernah bersikap manis
terhadapmu.”
“Aku senang, kita bisa berteman,” ujar Lukas. Viola menyetujuinya dalam hati.
Kelas mereka memang jadi geger ketika Viola dan Lukas bersama-sama masuk
kelas keesokan harinya. Nunik sampai terbelalak. Vila mengedipkan mata, tapi tak urung
dia melirik juga ke meja Calvin. Cowok itu sedang membaca bukunya dan kelihatan asik
betul.
“Apa yang merasuki tubuhmu sampai rukun betul dengan Lukas?” kata Nunik.
“Oh, tak ada apa-apa. Cuma, aku saja yang keliru selama ini. Lukas ternyata
cukup menyenangkan.
Nunik tersenyum lega.
“Nah, apa kubilang? Lukas memang pantas untukmu.”
“He jangan berpikir yang lain. Lukas cuma seorang teman.”
Nunik mengangkat tangan tinggi-tinggi, tapi sudut bibirnya memancarkan
senyum yang penuh godaan.
“Ya, ya, dia cuma seorang teman … istimewa!”
Viola terbelalak lebar-lebar, sementara Nunik tertawa-tawa gembira.
Istimewa atau tidak, Lukas ternyata memang seorang teman di kala suka dan duka
bagi Viola.
“Ada film bagus. Kita nonton ya?” ajak Viola suatu ketika.
Lukas tersenyum manis. “Film apa?”
Film Drama Romantis.
“Oh, actor ganteng itu toh yang main? Aku sudah lihat aktingnya dalam Film lain.
Bagus! Pertunjukan pukul berapa?”
www.rajaebookgratis.com
Viola tertawa senang. Itulah Lukas, yang selalu bersedia diajak ke mana saja.
Selain pintar, dia juga tahu menyenangkan hati.
“Pukul tujuh. Oke?”
“Tunggu saja. Aku jemput!”
Viola kemarin masuk kedalam mobil Lukas, ketika pelajaran usai hari itu. Mereka
masih tertawa membicarakan guru yang konyol di depan kelas tadi, ketika Viola melihat
Calvin jalan sendiri menuju mobilnya tanpa Rosa di sisinya. Wajah Calvin tampak
murung. Aneh sekali.
Viola jadi tak dapat lagi mendengar cerita Lukas karena benaknya penuh dengan
bayangan Calvin. Kenapa bisa begitu, pikirnya. Calvin yang kukenal adalah Calvin yang
tak pernah sedih, tak pernah mengenal duka dan selalu menganggap ringan semua
masalah. Tapi sekarang ….
“Vio, kau … melamun?” tegur Lukas.
“Eh, oh, aku …”
“Kau kelihatan pucat. Ada apa?” sinar mata Lukas memancarkan rasa cemas.
Diam-diam Viola mengeluh. Dia sudah lama tahu, ada perhatian khusus dari Lukas
untuknya. Dan dia senang itu, sebab dia juga menyukai Lukas. Tapi bagaimanapun, dia
tak dapat melupakan Calvin. Yang diimpikannya setiap saat berjalan di sisinya Lukas
yang baik, melainkan Calvin yang memilih Rosa dua bulan yang lalu.
“Tidak apa-apa. Trims, Luk. Sampai nanti ya.”
“Ya, langsung istirahat saja, Vio. Aku sayang kau,” bisik Lukas. Kemudian
melarikan mobilnya.
Viola tercenung, kaget dan akhirnya menyesal. Dia sedih karena tak dapat juga
menukar tempat Calvin di hatinya dengan Lukas, cowok yang baik itu.
“Rosa sudah punya pacar yang lain. Hendrikus, temannya di club. Calvin tentu
saja merasa ditinggalkan begitu,” lapor Nunik esok harinya di kelas, ketika Viola
bertanya mengapa Calvin tak pernah kelihatan ceria lagi.
“Tahu rasa dia sekarang. Dia pikir, semua cewek bakal bertekuk lutut di
depannya,” sambung Nunik puas.
“Kasihan dia …”
“Eh, kok malah dibela? Dia kan yang membuatmu tak pernah tersenyum lagi
beberapa bulan yang lalu? Dan, untung ada Lukas kan?”
“Tidak ada hubungannya dengan Lukas, Nik.”
Nunik meloto gemas.
“Kau ini, Vio, selalu saja menurutkan emosi. Masak untuk Calvin yang sok itu,
kau mau melepas Lukas?”
“Ah, kau. Aku menyukai Lukas, tapi tidak mencintainya, Nik.”
“Oh ya? Dan sekarang, kau ingi jadi dewi penghibur si kunyuk Calvin ya?”
Viola tak pernah mendengar suara Nunik semarah itu. Nunik pun segera
melangkah meninggalkannya setelah berkata begitu. Viola menarik nafas. Nunik marah
sekali, desisnya di hati.
***
www.rajaebookgratis.com
Lukas mengerling kea rah Viola. Gadis itu sedang menunduk menekuri bukunya.
Ada ulangan bahasa Indonesia besok dan mereka diharuskan mengingat semua definisi
gaya bahasa serta gejalanya. Tapi perhatian Lukas sudah tak pada bukunya lagi sekarang.
“Hei, ada apa di wajahku?” tegur Viola memukul lengannya. Lukas tersentak dan
tersenyum manis.
“Aku suka melihatmu. Kau cantik sekali.”
“Setan gombal. Aku tidak ada uang receh nih!”
Lukas tergelak. Ditutupnya buku.
“Vio.”
“Hm.”
“Kemarin, kau pergi ke mana?”
“Renang.”
Lukas menekan dadanya menahan rasa perih yang semakin hebat. Dia tahu,
kenangan manis bersama Calvin di masa dulu, masih begitu kuat melekat dihati Viola.
“Sendiri?” pancingnya, seperti tidak sadar akan bahayanya.
“Tidak. Bersama Calvin,” sahut Viola tenang, sembari membalik bukunya.
Padahal jauh di ujung hatinya ada semacam getaran halus.
“Aku tidak tahu kau akan kembali pada Calvin,” Lukas berkata dengan hambar.
Viola mengangkat mata. Dia tersenyum lebar. Dan Lukas menatapnya dengan
mata sedih.
“Dia mengajakku, Luk. Karena kebetulan aku tak punya teman kemarin, ya,
kuturuti saja.”
“Kau kan bisa mengajakku.”
“Lho, kemarin kau latihan bola kan?”
Lukas menarik nafas jengkel. Viola seolah-olah menganggap remeh perasaannya.
“Kau pintar cari alas an sekarang. Enak ya punya serep? Kalau yang satu tak ada
di tempat, silahkan ajak yang lain,” sindir Lukas.
Viola mencekal lengan Lukas. Tapi cowok itu membuang muka. Dia benar-benar
tersinggung.
“Kau marah ya, Luk? Maaf, aku tidak tahu kalau kepergiaanku dengan Calvin
membuatmu marah. Tapi, Calvin toh masih temanku juga, dan dia ….”
“Dan dia kembali mengincarmu setelah putus dengan Rosa. Tidakkah kau
rasakan, Vio, bahwa Calvin cuma ingin mempermainkanmu? Dia tak pernah sungguhsungguh
terhadapmu.”
Sejuta jarum halus menusuk jantung Viola mendengar itu. Hatinya sakit sekali.
“Ya, ya, aku tahu, aku ini bagai pungguk. Aku mengharapkan Calvin akan setia
selamanya padaku, tapi ternyata tidak. Menurutmu, dia cuma ingin main-main. Aku tahu,
aku ini cukup barharga, aku ini ….”
Lukas merengkuh bahu Viola.
“Vio, bagiku, tak ada yang lebih berharga selain dirimu. Tak dapatkah engkau
melupakan Calvin dan belajar menyukaiku?”
“Pulanglah, Luk. Tinggalkan aku sendiri. Ya, tinggalkan aku sendiri.”
Lukas terpana. Ditatapnya Viola, tapi yang ditemukannya hanya seraut wajah
datar tanpa senyum, dingin sekali. Diam-diam Lukas beringsut pergi, membawa luka
dihatinya.
www.rajaebookgratis.com
Hari-hari selanjutnya justru menjadi kosong. Viola juga merasa bahwa Nunik tak
mau lagi menghiburnya. Temannya itu amat marah ketika dia ceritakan pertengkarannya
dengan Lukas.
“Terlalu kau! Kau kecewakan Lukas yang begitu baik padamu! Kau
mengharapkan orang lain setia padamu, tapi kau sendiri? Huh, begitu ada gelagat Calvin
akan kembali padamu, kau mulai menyingkirkan Lukas!”
“Aku … aku tak bermaksud begitu, Nik. Aku cuma ingin Lukas mengerti, bahwa
hanya Calvin yang kurindukan, dan juga yang selalu kuimpikan.”
“Selamanya kau akan bermimpi, Vio! Tak cukupkah pengalaman mengajarimu
bahwa cowok semacam Calvin bagai kincir angina dan tak pernah sungguh-sungguh?
Jangan keras kepala, Vio!”
Dan Viola memang keras kepala. Meskipun akhirnya dia harus mengakui, semua
sikap manis Calvin akhir-akhir ini cuma kedok cowok itu saja guna menggaet Maria, adik
sepupu Viola yang dikenalnya pada sebuah pesta.
Viola mengawasi burung-burung gereja yang terbang ke atas bumbungan rumah
sebelah. Dihelanya nafas. Aku seperti seekor keledai, bisiknya. Jatuh untuk kedua
kalinya, dengan sebab yang sama dan juga karena ketololanku yang sama ….
***
Viola mempertajam pendengarannya ketika dia semakin mendekati ruang piano.
Dia kenal betul dengan denting-denting yang khas itu. Lukas, hanya Lukas yang bisa
bermain piano seperti itu.
“Hai, masuklah.” Lukas berhenti bermain ketika Viola membuka pintu.
“Aku tidak tahu kalau engkau ada di sini. Bukankah giliranmu besok?”
“Ingatanmu kuat juga, Vio. Ya, mestinya aku datang besok. Tapi ada perubahan
jadwal. Kau malah yang di minta datang besok,” kata Lukas tenang, seolah-olah sebelum
ini mereka pernah tak bicara untuk beberapa waktu.
“Oh, aku tidak tahu. Kalau begitu, biar aku pulang saja,” seru Viola sambil
menelan kekecewaannya. Tadinya dia menyangka Lukas datang karena ingin bertemu
dengannya. Ternyata …
“Kau mau mendengar laguku? Aku baru saja selesai menulisnya tadi malam.”
Alis Viola terangkat. Dia tidak tahu kalau Lukas bisa menulis lagu.
“Masih acak-acakan. Tolong bantu ya.”
Viola mengangguk. Dan lagu itu begitu sendu, sehingga Viola hanya dapat berdiri
tegak tanpa memberi komentar apa pun. Lagu itu bagus walau pun di sana-sini masih ada
nada yang fals. Itu biasa, untuk permulaan.
“Apa pendapatmu, Vio?”
Viola tergagap. Dia tak tahu hendak mengatakan apa. Tapi secara keseluruhan
lagu itu cukup bagus.
“Bagus.”
“Itu saja?” tatap Lukas dengan sinar seperti biasa, lembut dan penuh kasih.
Kemudian ditepuknya pipi gadis itu.
“Kau tidak ingin tahu, untuk siapa lagu itu?”
www.rajaebookgratis.com
Viola menggeleng.
“Untuk gadisku,” kata Lukas.
“Oh,” Viola berputar, tak ingin melihat Lukas dengan matanya yang mulai basah.
Dia patut menerima akibat atas kekerasannya selama ini.
“Vio,” panggil Lukas saat Viola membuka pintu. Vio menoleh. Dia melihat
geraham Lukas mengetat.
“Kau tidak ingin tahu siapa gadis itu?” seru Lukas jengkel.
Viola tersenyum pahit.
“Untuk apa?”
“Persetan untuk apa! Kenapa kau keras kepala betul, Vio? Kenapa kau kunci
seluruh pintu hatimu untukku? Tidakkah kau punya perasaan? Hampir gila aku berpisah
darimu dulu. Hampir aku mencekik leherku sendirimelihat kau kembali pada Calvin.
Sekarang saat kulihat kau kembali luka oleh bangsat itu, kau tak juga mau mengerti
perasaanku!”
“Aku tahu aku salah, Luk. Tapi tidak usah kau bangkitkan lagi kenangan buruk
itu. Kalau kau ingin marah, silahkan.”
Lukas menyambar tasnya sambil memandang Viola tajam. Sia-sia semua kerja
keras ini dilakukannya.
“Oke, selamat tinggal, Vio. Selamat bermimpi seribu tahun lagi!”
Lantas, Lukas membanting pintu. Viola mengangkat bahu. Dia duduk di depan
piano. Aku memang akan bermimpi terus, Luk, gumamnya sendiri. Tapi sekarang bukan
Calvin yang kuimpikan, karena dia adalah masa lalu. Yang kuimpikan adalah masa depan
bersamamu, Luk …
Vio terbeliak melihat huruf-huruf kecil dibawah kertas lyang tertinggal itu. Di situ
Lukas menulis, lagu itu untuk gadisnya yang tercinta, terkasih dan yang keras kepala:
Viola..
Viola segera menerjang pintu, melompati dua anak tangga sekaligus.
“Lukas!” teriaknya sekuat tenaga. Lukas baru saja akan membuka pintu mobilnya
waktu mendengar teriakan itu. Viola berlari sambil melambai-lambaikan kertas lagu itu.
Lukas tercengang.
“Ada apa?” desis Lukas dingin.
Viola terengah-engah mencari nafas. “Kau tadi bertanya padaku kan?”
Lukas mengangguk. Viola tersenyum tipis sambil berjingkat mencium pipi Lukas.
Cowok itu terbelalak.
“Ada pertanyaan lain?”
Mula-mula Lukas terpana, tapi akhirnya dia tertawa tergelak-gelak sambil
merangkul Viola erat-erat.
“Tidak. Tidak ada pertanyaan lagi. semuanya sudah terjawab.”
Viola lega. Ya, semuanya sudah terjawab. Masa lalu telah ditepiskannya sekarang
dan dia bersiap menjalani masa depan bersama Lukas yang setia.

Browsing dari www.rajaebookgratis.com

0 komentar:

Posting Komentar